Ingin lebih Paham Mengenai Simple Present Tense?, Berikut Solusinya

Ingin lebih Paham Mengenai Simple Present Tense?, Berikut Solusinya
Ingin lebih Paham Mengenai Simple Present Tense?, Berikut Solusinya

Simple present tense, tentu kebanyakan kamu anak sekolah sudah sangat mengenal salah satu grammar yang satu ini. Grammar yang satu ini sendiri adalah salah satu topik atau materi pelajaran dasar dalam bahasa Inggris.  Meskipun sudah sangat familiar dan sering dipandang enteng, namun tidak jarang ada yang belum memahami benar konsep dan penggunaan dari tenses yang satu ini. Nah, agar kamu lebih paham mengenai grammar yang satu ini, Yuk Kita Sekolah akan sediki mengulas kembali mengenai konsep dan juga penggunaan Simple Present Tense ini, berikut ulasannya:

Pengertian Simple Present Tense

Jika bicara mengenai pengertian dari Simple Present Tense, Simple Present Tense dapat didefinisikan sebagai kalimat yang menjelaskan peristiwa yang tengah terjadi atau merupakan rutinitas.

Simple Present Tense dikategorikan ke dalam 2 jenis, yakni :

  • Nominal Simple Present
  • Verbal Simple Present

Mari bahas lanjutannya di sub topik di bawah.

Rumus Simple Present Tense

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Simple Present Tense terbagi menjadi 2 jenis yakni Nominal Simple Present dan Verbal Simple Present. Oke, mari bahas keduanya secara lebih spesifik.

A.Nominal Present Tense

Secara sederhana Nominal Present Tense dapat dijabarkan sebagai kalimat Simple Present Tense yang tidak menggunakan Verb, namun menggunakan To be. Adapun rumus dari jenis Simple Present Tense yang satu ini adalah :

(+) Subject + to be (am/are/is) + adjective/adverb

(-) Subject + to be (am/are/is) + not + adjective/adverb

(?) To be (am/are/is) + subject + adjective/adverb?

Untuk contoh penerapannya dalam kalimat, berikut adalah salah satunya:

(+) She is beautiful.

(-) She is not beautiful.

(?) is she beautiful?

 

 B.Verbal Simple Present Tense

Lanjut membahas mengenai jenis Simple Present Tense kedua yakni Verbal Simple Present Tense. Jika dijabarkan Verbal Simple Present Tense dapat didefinisikan sebagai kalimat Simple Present Tense yang menggunakan Verb 1 dalam penerapan kalimatnya. Verb 1 di sini adalah  kata kerja present. Adapun rumus dari jenis Simple Present Tense yang satu ini adalah berikut :

(+) Subject + Verb 1 (+ s/es) + Object

(-) Subject + do/does not + Verb 1 + Object                          

(?) Do/does + Subject + Verb 1 + Object?

Sedangkan untuk penerapannya dalam kalimat, kamu dapat menjadi contoh berikut sebagai acuan:

(+) Amira goes to school by motorcycle everyday.

(-) Amira does not go to school by motorcycle everyday.

(?) Does Amira go to school by motorcycle everyday?

Dari kedua rumus atau formula yang dijelaskan sebelumnya, pastinya kamu sudah sedikit banyak lebih paham mengenai perbedaan kedua jenis Simple Present Tense tersebut. Mari lanjut ke pembahasan selanjutnya.

 

Kegunaan Simple Present Tense

Masih mengulik mengenai Simple Present Tense, kali ini, kegunaan Simple Present Tense adalah topik yang akan dibahas secara detail. Untuk penggunaan, Simple Present Tense diperuntukan untuk menggambarkan keadaan berikut :

  • Menyatakan rutinitas/kebiasaan

Contoh : Andri always wake up at 5.PM (Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Wake up at 5.PM (bangun di pagi hari ini) adalah rutinitas dari Andri).

  • Menyatakan suatu fakta

Contoh : Hotman Paris is a lawyer ( Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Hotma Paris berprofesi sebagai   pengacara).

  • Menyatakan perintah

Contoh : Leave us for a second ! (Kalimat tersebut menunjukkan perintah)

  • Menyatakan kepemilikian

Contoh : These books belong to Andy’s Mother. ( Kalimat tersebut menunjukan bahwa Books (buku) tersebut    adalah milik ibu Andy.

Bagaimana?, apakah kamu semakin paham mengenai konsep dan penerapan Simple Present tense?. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu untuk lebih mahir dalam menggunakan bahasa Inggris, khususnya untuk Simple Present Tense. Terus ikuti Materi dan juga soal latihan lainnya dari Yuk Kita Sekolah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*