Mari Belajar Tentang Sistem Pernapasan Manusia dengan Mengerjakan Soal Latihan Berikut

Mari Belajar Tentang Sistem Pernapasan Manusia dengan Mengerjakan Soal Latihan Berikut
Mari Belajar Tentang Sistem Pernapasan Manusia dengan Mengerjakan Soal Latihan Berikut

Belajar Biologi – Sistem pernapasan manusia adalah salah satu bab atau topik pada mata pelajaran yang dapat dikatakan cukup untuk menarik. Dengan membahas tentang pernapasan, kamu dapat mengetahui seberapa rumit proses pernapasan yang terjadi di dalam tubuh manusia yang tidak sesimple yang dilakukan. Beberapa dari kamu mungkin telah mempelajari materi tentang sistem pernapasan manusia, namun sudahkah kamu memahaminya secara menyeluruh?. Mari uji kepahamanmu dengan mengerjakan beberapa soal latihan di bawah ini :

1.Bagian pada saluran pernapasan yang memiliki fungsi untuk mencegah saluran pernapasan dan saluran percernaan bercampur adalah…

a. Laring

b. Glotis

c. Epiglotis

d. Bronkus

Jawaban : c. Epiglotis

Pembahasan : Saluran pernapasan dan saluran pencernaan bertemu pada faring. Pada faring, terdapat klep yang bertugas untuk mencegah agar udara masuk ke esophagus, klep inilah yang disebut Epiglotis.

 

2. Dalam sistem pernapasan, dimanakah proses pertukaran udara bersih (O2) dan udara kotor (CO2) terjadi?

a. Alveolus

b. Trakea

c. Bronkus

d. Paru-paru

Jawaban : a. Alveolus

Pembahasan : Pertukaran udara bersih (O2) dan udara kotor (C02) terjadi di paru-paru, tepatnya di Alveolus secara difusi. Di dalam paru-paru, terdapat sekitar 300 juta alveolus yang mengandung kapiler-kapiler darah. Kapiler-kapiler darah inilah yang membawa darah bersih dan juga darah kotor yang kemudian didifusikan dalam alveolus. Sehingga, meskipun proses pertukaran udara bersih dan kotor terjadi di paru-paru, namun secara spesifik hal tersebut terjadi di Alveolus.

 

3. Inspirasi pernapasan dada menyebabkan…

  1. HbCO2 + Hb è CO2
  2. Hb + CO2 è HbCO2
  3. HbO2 èHb + O2
  4. Hb + O2èHbO2

a.1 dan 2

b.2 dan 4

c.3 dan 4

d. 3 dan 2

Jawaban : d. 3 dan 2

Pembahasan : Pertukaran gas pada pernapasa internal terjadi di dalam jaringan tubuh, yang tepatnya pada respirasi seluler. Setelah HbO2 (Oksihemoglobin ) terbentuk di paru-paru , selanjutnya oksigen akan lepas dan menuju cairan jaringan tubuh untuk digunakan dalam proses metabolisme sel. Sedangkan sebagian kecil CO2 (karbondioksida) akan diikat oleh Hemoglobin membentuk HbCO2(Karboksi Hemoglobin).

 

4. Perbedaan antara pernapasan dada dan perut terdapat pada…

a. Otot yang berkontraksi

b. Volume paru-paru

c. Saluran yang digunakan

d. Bentuk kontraksi rongga dada dan perut

Jawaban : a. Otot yang berkontraksi

Pembahasan : Pada proses inspirasi dalam pernapasan dada, otot yang berkontraksi adalah otot rusuk yang membuat tulang rusuk terangkat. Sementara pada pernapasan perut, otot yang berkontraksi adalah otot diafragma yang pada awalnya melengkung, menjadi datar

 

Nah, bagaimana? Apakah kamu dapat mengerjakan semua soal di atas dengan benar?. Semoga soal latihan sebelumnya dapat membuat kamu semakin paham mengenai sistem pernapasan manusia. Ikuti soal latihan selanjutnya dari Yuk Kita Sekolah.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*