3 Jurusan Kuliah Kesehatan Selain Kedokteran Yang Patut Kamu Perhitungkan

3 Jurusan Kuliah Kesehatan Selain Kedokteran Yang Patut Kamu Perhitungkan
3 Jurusan Kuliah Kesehatan Selain Kedokteran Yang Patut Kamu Perhitungkan

Jurusan Kuliah Kesehatan Selain Kedokteran РBicara mengenai program di bidang kesehatan, kedokteran memang tidak dipungkiri bahwa kedokteran umum merupakan jurusan atau program studi yang paling popular sekaligus paling difavoritkan. Berdasarkan pada data, pada tahun 2016 lalu saja,  terdapat 4188 pendaftar untuk program studi ini melalui jalur SBMPTN, namun hanya 131 diantaranya yang berhasil diterima. Persaingan yang cukup ketat bukan ?

Sebetulnya, selain program studi kedokteran, terdapat banyak program studi di bidang kesehatan yang dapat kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi. Nah, kali Yuk Kita Sekolah akan memberikan beberapa program studi yang kiranya dapat menjadi pilihan alternatif selain kedokteran untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang kesehatan. Keep Scrolling dan simak ulasan lengkapnya. ( jurusan kuliah kesehatan )

Program Studi Keperawatan

Program Studi Keperawatan
Program Studi Keperawatan

Pilihan program studi di bidang kesehatan selain kedokteran pertama yang dapat dijadikan pilihan adalah program studi keperawatan. Dalam program studi keperawatan, mahasiswa tidak hanya akan mempelajari ilmu keperawatan, namun juga mengenai sosial. Menempuh program studi keperawatan ini, mahasiswa juga akan belajar mengenai nilai dan praktik sosial di dunia kesehatan, seperti cara mendampingi pasien dan keluarga yang tengah dalam keadaan tidak mengembirakan. Mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi dengan pasien ataupun kelurga melalu praktik. Sehingga, mahasiswa tidak hanya menguasai teori, namun juga menguasai praktik.

Mengambil program studi keperawatan ini, mahasiswa akan diarahkan untuk mendapatkan gelar diploma atau sarjana guna mendapatkan surat izin praktik sebagai perawat yang dikeluarkan langsung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. ( jurusan kuliah kesehatan )

Program Studi Kebidanan

Program Studi Kebidanan
Program Studi Kebidanan

Pilihan program studi di bidang kesehatan selanjutnya adalah program studi kebidanan. Sama halnya dengan program studi keperawatan yang disebutkan sebelumnya, program studi ini mengarahkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar diploma atau sarjana guna mendapatkan surat izin praktik sebagai bidan dari Kementerian Keseatan Republik Indonesia. Umumnya masa studi program studi kebidanan ini adalah selama 3 tahun, dengan kombinasi Antara teori dan juga praktik.

Program Studi ilmu Kesehatan

Program Studi ilmu Kesehatan
Program Studi ilmu Kesehatan

Program studi ilmu kesehatan juga merupakan pilihan program studi di bidang kesehatan lainnya yang dapat dipilih selain kedokteran. Umumnyra program studi ini memiliki jurusan yang jauh lebih spesifik, mulai dari jurusan gizi, kesehatan masyarakat hingga keselamatan kerja. Yang spesial dari program studi ini, mahasiswa terkadang memiliki kesempatan untuk mempelajari ketiga jurusan yang disebutkan sebelumnya. Untuk masa studi, masa studi untuk program studi ini dapat dikatakan bervariasi, tergantung dengan program yang diambil ( 3 tahun untuk Program Diploma dan 4 tahun untuk program Strata satu (S1)). ( jurusan kuliah kesehatan )

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengambil salah satu program studi bidang kesehatan yang disebutkan sebelumnya?.

BACA JUGA : Kamu Anak IPA dan Sedang Binggung Memilih Jurusan Kuliah?, Beberapa Jurusan Ini Mungkin Dapat Kamu Pertimbangkan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*