Meskipun Salah Memilih Jurusan Kuliah?, 4 Hal ini Tetap Harus Pegang Selama Kuliah

Salah Memilih Jurusan Kuliah
Salah Memilih Jurusan Kuliah

Salah Memilih Jurusan Kuliah  – Masa kuliah dapat dikatakan sebagai salah satu fase penting yang akan dalam mempersiapkan diri menghadapi fase selanjutnya, yakni dunia pekerjaan. Itulah yang membuat, memanfaat masa kuliah sebaik mungkin menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan selama menempuh studi, terutama untuk kamu yang merupakan calon mahasiswa baru.

Biasanya euphoria untuk maju dan berkembang sangat terasa saat awal memasuki dunia kuliah atau jurusan yang diminati. Namun tidak semuanya merasakan hal serupa, dimana cukup banyak juga yang tidak dapat menjajaki pendidikan di bidang ilmu atau jurusan yang mereka minati.

Meskipun terjebak di jurusan yang kiranya kamu tidak atau kurang minati, hal tersebut bukan berarti kamu diwajarkan untuk menjadi tidak bersemangat dan malas-malasan dalam menempuh studi kamu. Berkaitan dengan euphoria semangat kuliah untuk calon mahasiswa, berikut ini terdapat beberapa hal yang harus pegang sebagai mahasiswa, di jurusan manapun kamu meneruskan studi nantinya. Keep scrolling dan simak ulasan lengkapnya.

Pendidikan adalah bentuk persiapan menatapi kehidupan

Dimanapun kamu belajar, selalu pahamilah bahwa pendidikan itu penting. Pendidikan bukanlah hanya sekadar gelar yang harus kamu dapatkan untuk menunjang karir kamu. Pendidikan merupakan hal yang lebih daripada itu, dimana pendidikan mempersiapkan kamu menjadi sosok yang ideal dalam menghadapi kehidupan setelah kuliah, baik di dunia pekerjaan, maupun saat turun ke masyarakat. (salah memilih jurusan kuliah)

Jangan stuck (berdiam) karena kelemahanmu

Banyak kasus dimana mahasiswa yang merasa salah jurusan selalu menyalahkan kelemahannya dan berakhir dengan stuck alias tidak berkembang. Sebaiknya kamu tidak menjadi tipe mahasiswa seperti ini. Meskipun bukan belajar di jurusan yang kamu minati dan merasa tidak memiliki bakat untuk melakukannya. Namun sebenarnya kamu tetap bisa berkembang dan menyelesaikannya jika kamu berusaha. Berusahalah untuk selalu mengasah kompetensi yang kamu pelajari, kamu dapat mencoba untuk mengikuti pelatihan yang selaras dengan kompetensi jurusan kamu dan juga belajar dari teman-teman kamu yang kiranya lebih unggul dari kamu.

Selain itu, kamu juga dapat terus mengembangkan kompetensi yang sebelumnya kamu minati. DI kampus, tentunya terdapat banyak komunitas yang sejalan dengan apa yang ingin kamu pelajari. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengembangkan kompetensi berbahasa inggris, kamu dapat bergabung ke komunitas Bahasa inggris di kampus atau di luar kampus kamu.

Kamu berhak mendapatkan pendidikan yang kamu minati

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 Bab I, terdapat penjelasan tentang isi pasal tersebut. Dinyatakan bahwa setiap peserta didik mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya. Pasal tersebut menegaskan bahwa Negara mendukung kamu untuk mempelajari bidang ilmu yang kamu minati. Meskipun terjebak di jurusan yang kamu tidak minati, tetaplah terus mengemabangkan diri dengan mempelajari bidang ilmu yang kamu minati. Seperti yang disampaikan sebelumnya, kamu dapat mempelajarinya melalui komunitas ataupun kelas pelatihan. (salah memilih jurusan kuliah)

Mempelajari kemampuan berpikiri

Bukanlah hal yang rahasia bahwa kampus atau dunia kuliah sangat jarang mengajarkan peserta didiknya (kemampuan berpikir). Hal ini dikarenakan, hampir semua kampus memiliki culture/kultur yang focus pada wawasan dan juga kepatuhan. Menutupi kekurangan dalam sistem kampus tersebut, kamu disarankan untuk juga tetap mempelajari kemampuan berpikir (seperti penalaran, kepekaan social (issue awareness), dan hal lainnya). Kemampuan berpikir nantinya akan sangat berguna untuk kamu dalam me-management pekerjaan dan juga merencanakan hidupmu ke depannya. Kamu dapat mempelajari hal ini melalui buku-buku yang menginspirasi atau bersifat open minded, menonton acara tv yang erat dengan isu hangat dunia (bukan entertainment) dan masih banyak lagi.

Jadi itulah beberapa hal atau esensi yang harus tetap kamu pegang, di jurusan manapun nantinya kamu belajar nantinya. So don’t be depressed, keep moving.. (salah memilih jurusan kuliah)

BACA JUGA : Tips Persiapan Masuk Kuliah dan Beberapa Hal Penting tentang Dunia Perkuliahan yang Wajib Kamu Ketahui

 

Sponsored by : gotraining.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*