3 Destinasi Wisata Jogja yang Bakal Mengajak Kamu Belajar Sejarah

3 Destinasi Wisata Jogja yang Bakal Mengajak Kamu Belajar Sejarah
3 Destinasi Wisata Jogja yang Bakal Mengajak Kamu Belajar Sejarah

Siapa bilang belajar sejarah itu harus selalu formal di dalam kelas. Sambil traveling atau jalan-jalan pun ternyata kamu pun bisa tetap belajar.

Destinasi Wisata Jogja – Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang bisa dikatakan namanya dikenal sebagai salah satu kota pariwisata. Yap, kota yang kental dengan budaya Jawa ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan pemandangan memukau, beberapa diantaranya bahkan memiliki nilai sejarah yang bisa dipelajari. Nah, untuk kamu yang sedang memiliki rencana untuk mengunjungi kota ini, berikut Yuk Kita Sekolah akan berbagi sedikit tentang beberapa destinasi wisata sejarah menarik di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata sejarah yang dimaksud..Keep Scrolling..

Ullen Sentalu

Destinasi Wisata Jogja Ullen Sentalu
Destinasi Wisata Jogja Ullen Sentalu

Bicara mengenai destinasi wisata bersejarah, pastinya museum menjadi salah satu tujuan yang masuk ke dalam rekomendasi. Di Yogyakarta sendiri terdapat salah satu mesum sejarah ternama yang terbilang cukup ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara, museum tersebut bernama “ Ullen Sentalu”.

Museum yang terletak di daerah Pakem, Kaliurang Kabupaten Sleman ini menampilkan beragam kebudayaan keluarga keraton di masa lalu melalui benda-benda peninggalan yang diabadikan di museum ini, seperti foto-foto serta silsilah keluarga keraton hingga busana bermotif batik yang dahulu dikenakan oleh keluarga keraton.

Guna memandu kamu berkeliling, museum yang memiliki arsitektur bangunan berupa kastil dengan tumpukan batu-batu gunung ini juga memperkerjakan guide yang akan memberikan informasi mengenai peninggalan yang ditampilkan di museum Ullen Sentalu. Sehingga kamu bisa dengan mudah memamahi latar belakang dan cerita sejarah keraton serta barang peninggalan yang ada di dalam museum.

Sedikit memberikan tambahan informasi yang dikutip dari Wikipedia, nama Ullen Sentalu sendiri berasal dari bahasa jawa ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang memiliki terjemahan “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan ”.

Taman Sari

Destinasi Wisata Jogja Taman Sari
Destinasi Wisata Jogja Taman Sari

Destinasi wisata jogja bersejarah lainnya yang juga wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke jogja adalah Taman Sari. Dengan arsitektur bangunan zaman kerajaan, Taman Sari memang menonjolkan nilai historical yang sangat kental di dalamnya. Salah satu keunikan dari destinasi wisata bersejarah yang satu ini adalah adanya 2 kolam air jernih berwarna biru. Konon katanya, kolam ini biasa dipergunakan oleh para raja-raja mataram dan selirnya untuk mandi.

Mengulas nilai sejarah dari bangunan yang terkenal dengan wisata water castle (istana air)-nya ini, istana Taman Sari dibangun pada periode tahun 1758 hingga 1769 oleh raja mataram “Sultan Hamengkubuwono I. Taman Sari sendiri memiliki luas awal berkisar 10 hektar dengan 57 bangunan yang terdiri dari kompleks kolam, pulau buatan, danau buatan, kanal air, jembatan gantung, lorong bawah tanah dan beberapa bangunan lainnya. Namun, saat ini luas bangunan bersejarah yang satu ini telah berkurang, dikarenakan pembangunan perkampungan penduduk.

Candi Prambanan

Destinasi Wisata Jogja Candi Prambanan
Destinasi Wisata Jogja Candi Prambanan

Yang terakhir adalah Candi Prambanan. Jika kamu singgah ke kota Jogja, namun belum mengunjungi candi yang satu ini, bisa dikatakan bahwa kamu belum sepenuhnya mengunjungi kota yang terkenal dengan gudeg itu. Candi Prambanan bisa dibilang sebagai salah satu icon dari kota Yogyakarta.

Kemegahan bangunan bertinggi 47 meter yang dibangun pada abad ke-10 silam ini menunjukan kejayaan dari pemerintahan raja Pikatan dan Rakai Balitung di tanah jawa. Candi ini juga menjadi bukti nyata kejayaan Hindu di tanah jawa beberapa abad silam.

Candi yang terkenal dengan cerita cinta antara Bandung Bandowoso dan juga Roro Jonggrang ini memiliki relief kisah Ramayana yang membuat nilai budaya serta sejarah bangunan ini sangat kental. Candi Prambanan sendiri juga memiliki 3 Candi utama yang menghadap ke timur yakni Candi Wisnu, Brahmana dan Siwa yang melambangkan Trimurti dalam ajaran agama Hindu.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata jogja bersejarah yang wajib kamu kunjungi ketika singgah di Jogja. Selain menyajikan pemandangan yang indah, ketiga tempat tersebut juga akan memberikan kamu pengetahuan tentang sejarah yang menjadi latarbelakang bangunan-bangunan tersebut. Bagaimana?, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

BACA JUGA : Ternyata, Beberapa Mata Pelajaran Berikut Dapat Mengajarkan Kamu Romantisme

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*