Fakta Psikologi : Mengenal Dunning-Kruger Effect

Fakta Psikologi Dunning-Krueger Effect
Fakta Psikologi Dunning-Krueger Effect (Sumber: gotraining.co.id)

Fakta Psikologi : Dunning-Kruger Effect – Pernahkah kamu mendengar istilah Dunning-Kruger Effect?

Kamu tentunya pernah beberapa kali menyaksikan acara pencarian bakat di televisi. Dalam acara pencarian bakat, biasanya pasti kamu akan menjumpai peserta audisi yang memiliki suara yang sumbang, namun sang penyanyi tetap bernyanyi dengan percaya diri. Atau kamu tentu juga pernah menemukan netizen yang jelas-jelas salah dalam berpendapat, namun tetap kekeh bahwa dirinya benar.

Nah, orang-orang seperti yang disebutkan sebelumnya bisa jadi orang-orang yang mengalami Dunning-Kruger Effect. Namun apa sebenarnya Dunning-Kruger Effect ini? Kali ini, Yuk Kita Sekolah akan sedikit membahas mengenai apa sebenarnya Dunning-Kruger Effect ini, berikut ulasannya. Keep Reading and Scrolling….

Dunning-Kruger Effect adalah fenomena dalam psikologi yang dapat didefinisikan sebagai bias kognitif dimana seseorang keliru dalam menilai kemampuan yang dimiliki dirinya. Seseorang yang mengalamai fenomena psikologis ini akan merasa memiliki kemampuan yang lebih daripada yang sebenarnya dia miliki. Dunning-Kruger Effect ini sendiri berkaitan dengan ketidakmampuan metakognitif untuk mengenali kemampuan sendiri.

Menurut beberapa sumber, salah satu penyebab yang memicu Dunning Kruger Effect adalah ego. Rasa ego dan tidak senang dipandang sebagai seseorang yang tidak memiliki kemampuan  dapat menjadi pemicu yang membuat seseorang meningkatkan penilaian terhadap dirinya sendiri, serta mengabaikan kelemahan diri yang dimiliki. (Fakta psikologi : Dunning Kruger Effect)

BACA JUGA :  Ternyata Cuek Tidak Selalu Negatif?, Berikut 4 Sisi Positif Memiliki Karakter Cuek

Teori Dunning-Kruger Effect ini pertama kali dikemukan oleh duet professor psikologi dari Universitas Cornell (Cornell University) “David Dunning dan Justin Kruger” pada tahun 1999 silam. David Dunning dan Justin Kruger pada awalnya terinspirasi dari kasus McArthur Wheeler “seorang pria yang merampok 2 bank dengan menutupi wajahnya hanya dengan air perasan jeruk dan meyakini bahwa dengan cara tersebut wajahnya tidak akan terlihat dan terekam oleh kamera.

Ciri-Ciri Orang yang Mengalami Dunning-Krueger Effect

Menurut Davidi dan Justin, terdapat beberapa ciri-ciri tertentu yang dapat mengindikasikan bahwa seseorang mengalami Dunning Krueger Effect ini, adapun beberapa ciri-ciri tersebut meliputi:

  • Cenderung terlalu berlebihan dalam menilai kemampuan atau keahliannya.
  • Tidak mampu menilai atau mengenali kemampuan diri orang lain.
  • Tidak dapat mengenali aspek buruk yang ada dalam ketidakmampuan/ketidakcakapannya.
  • Tidak dapat mengenali serta mengakui kelemahan diri sendiri.

Nah, itulah sekilas ulasan mengenai Dunning Krueger Effect ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya dari Yuk Kita Sekolah. (Fakta psikologi : Dunning Kruger Effect)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*