Pernah Alami Body Shaming?, 3 Tips Ini Akan Bantu Kamu Kembali Percaya Diri

Stop Body Shaming (Sumber: gotraining.co.id)
Stop Body Shaming (Sumber: gotraining.co.id)

Body Shaming – Dalam bercanda, pastinya kita sering atau pernah menemukan orang yang bercanda dengan melibatkan penampilan fisik ke dalam bahan candaanya. Meskipun hanya berupa joke/candaan maupun basa-basi, tentunya ada rasa sakit hati yang tertinggal dari hal tersebut. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang pernah mengalaminya.

Body Shaming atau bercanda dengan melibatkan bentuk/penampilan fisik sebagai bahan candaan sendiri merupakan salah satu bentuk bullying. Sebagai contoh, jika kamu bercanda kepada temanmu dengan mengatakan “ Eh, kamu kok gendutan?”. Siapa yang tahu bahwa mungkin saja candaanmu meninggakan perasaan negatif untuk temanmu.

Perasaan terluka yang ditinggalkan dari Body Shaming dapat memberikan efek buruk bagi korbannya, mulai dari stress hingga hilangnya kepercayaan diri. Berhubungan dengan body shaming, khususnya untuk kamu yang pernah mengalaminya, kali ini Yuk Kita Sekolah akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu kamu yang pernah mengalami body shaming untuk membangun kembali rasa percaya diri. Berikut ulasan selengkapnya yang telah diringkas oleh redaksi Yuk Kita Sekolah, Keep Scrolling and Reading..

Coba Ubah Pola Pikir Kamu

Mengubah pola pikir adalah salah satu hal yang dapat membantu kamu untuk bangun dari keterpurukan akibat body shaming. Cobalah untuk mengubah pola pikir kamu terhadap orang yang melakukan body shaming pada kamu. Meskipun menyakiti kamu, sebenarnya kamu juga perlu merasa kasihan kepada orang yang membercandakan tampilan fisik kamu. Mengapa demikian?.

Penjelasannya sederhana, dikarenakan hal tersebut menandakan bahwa orang tersebut masih terjebak dengan pemikiran yang sempit tentang body image. Saat ini, banyak orang yang telah berpikiran bijak serta terbuka dan menanggap bahwa bercandaan dengan melibatkan fisik bukanlah lagi hal yang lucu.

Gunakan Media Sosial untuk Memberikan Pemahaman

Berbagi pemahaman tentang body shaming juga adalah salah satu bentuk pemulihan percaya diri yang dapat membantu kamu. Pada poin ini, kamu dapat berbagi informasi mengenai body shaming, kontroversi dibaliknya dan juga dampak negatif untuk korbannya melalui media sosial. Hal ini dapat membantu banyak orang untuk dapat mengerti lebih banyak tentang dampak buruk dari kategori bullying ini.

Berusaha untuk Nyaman dengan diri Sendiri

Tips yang terakhir adalah belajar berusaha untuk nyaman dengan diri sendiri atau dapat dikatakan sebagai belajar mencintai diri sendiri. Saat kamu telah mencintai dirimu sendiri dengan tulus, maka kamu tidak akan lagi khawatir dengan ucapan negatif dari orang-orang lain.

Baca Juga : Fakta Psikologi : Mengenal Dunning-Kruger Effect

Nah, itulah beberapa tips membangun percaya diri bagi kamu yang sempat mengalami salah satu kategori bullying verbal yang melibatkan bentuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya dari Yuk Kita Sekolah.

Kelas Online Gotraining

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*