Konsep Pelajaran, Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar – Mencari kerja tentu nanti akan menjadi masa yang akan kamu hadapi setelah menyelesaikan pendidikan formal kamu, hal tersebut adalah salah satu alasan kuat mengapa kamu harus mulai belajar cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan tentu saja menarik.

Nah, pada kesempatan kali ini, Yuk Kita Sekolah akan membahas dan memeberikan kamu tips dalam membuat surat lamaran kerja yang benar dan juga menarik. Yuk ikuti ulasan selengkapnya. Keep Scrolling and Reading……

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

  1. Pertama, pastikan kamu membaca dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk lowongan kerja yang ingin kamu lamar. Hal ini sangat penting untuk menjaga surat lamaran kerja kamu tidak keluar dari konteks.
  2. Selanjutnya, tulislah surat lamaran kerja kamu dengan menggunakan kata-kata yang baku sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan).
  3. Hindarilah penggunaan kata-kata yang sulit dipahami, buatlah surat lamaran kerja kamu menggunakan kata-kata yang singkat, pada, mudah dipahami dan tentunya sopan.
  4. Pastikan tujuan surat (penerima) jelas. Pada poin ini, kamu harus benar-benar memastikan bahwa nama, gelar, jabatan dan juga alamat perusahaan dimana surat lamaran akan ditujukan adalah tepat.
  5. Setelah menyelesaikan surat lamaran kerja kamu, pastikan kamu membaca kembali lamaran yang kamu buat (memeriksa ulang). Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan ketik ataupun diksi (pemelihan kata) pada surat lamaran kerja kamu.
  6. Jika kamu membuat surat lamaran kerja secara manual alias tulis tangan, pastikan tulisan tangan kamu dapat terbaca dengan jelas, sehingga penerima surat lamaran kamu dapat memperoleh informasi dengan jelas.

Langkah Cara Membuat Lamaran Kerja yang Benar

Setelah bicara tentang tips cara membuat lamaran kerja yang benar, kali ini mari kita membahas format dan langkah dalam penulisan surat lamaran kerja. Sebenarnya format dari surat lamaran kerja biasanya selalu sama, baik untuk lamaran online maupun offline. Untuk lebih memperjelasnya, berikut adalah format penulisan lamaran kerja yang benar.

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran kerja.
  2. Kepada Yth. Nama pimpinan/hrd (beserta gelar & jabatannya) atau nama perusahaan yang dituju dan juga alamat lengkap perusahaan.
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar atau pembukaan
  5. Pada kata pengantar atau kata pembuka dalam surat lamaran kerja, kamu wajib mencantumkan dari mana kamu memperoleh informasi tentang lowongan kerja yang dibuka.
  6. Sebutkan posisi yang ingin kamu lamar di perusahaan/tempat kamu melamar pekerjaan (yang dibuka pada lowongan).
  7. Biodata pribadi
  8. Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, alamat E-Mail, pendidikan terakhir kamu.
  9. Misalkan kamu ingin menjelaskan sedikit tentang latar belakang pendidikan kamu, cukup tuliskan saja latar belakang pendidikan terakhir kamu.
  10. Jelaskan sedikit pengalaman kerja dan kemampuan kamu.
  11. Bila sebelumnya kamu memiliki pengalaman kerja: tuliskan pekerjaan yang pernah kamu lakukan sebelumnya (Bila kamu adalah fresh-graduate, tidak perlu dituliskan). Jelaskan juga sedikit keterampilan/kemampuan kamu yang yang mungkin akan dibutuhkan oleh perusahaan atau tempat kamu melamar. Hal ini juga dapat menjadi poin yang meningkatkan nilai (value) surat lamaran kerja kamu.
  12. Penutup. Untuk bagian penutup, tulislah sesuatu untuk meyakinkan penerima atau pembaca surat lamaran kerja kamu bahwa kamu mempunyai keinginan yang kuat agar bisa diterima dan bekerja di perusahaan/tempat tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih.
  13. Lampiran surat lamaran kerja. Untuk lebih meyakinkan perusahaan/tempat kerja dimana kamu melamar untuk merekrut kamu, lampirkan juga hal-hal (berkas) yang dapat memberikan nilai tambah bagi kamu. Adapun beberapa yang dapat kamu lampirkan beserta surat lamaran kerja kamu:
  • Pas foto terbaru
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti)
  • Hormat Saya, beserta tanda tangan dan nama lengkap kamu

Contoh Surat Lamaran Kerja yang benar

Contoh Surat Lamaran Kerja
Sumber : vemale.com

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Semoga pembahasan kali ini dapat berguna dan membantu kamu saat memasuki tahapan mencari kerja nanti. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti konsep pelajaran dan artikel menarik lainnya dari Yuk Kita Sekolah.

Belajar online gratis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*