Tahukah Kamu? 4 Kota Ini Larang Penggunaan Kantong Plastik

Fakta Unik Indonesia Terbaru
4 Kota yang Larang Penggunaan Kantong Plastik

Fakta Unik Indonesia Terbaru -Masalah sampah plastik hingga saat ini masih menjadi permasalahan pelik yang dihadapi oleh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data yang diambil dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton setiap tahunnya, dimana sebanyak 3,2 juta ton diantaranya dibuang ke laut.

Mengetahui fakta mengerikan tersebut, beberapa kota di Indonesia telah mengambil langkah yang diharapkan dapat membantu memangkas angka sampah plastik yang dihasilkan di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini, Yuk Kita Sekolah akan mengajak kamu untuk mengenal 4 kota di Indonesia yang menetapkan kebijakan pengurangan penggunaan plastik. Keep Scrolling and Reading…

Banjarmasin

Kota pertama yang menetapkan penggurangan penggunaan plastik adalah Banjarmasin, kota yang merupakan ibukota provinsi Kalsel (Kalimantan Selatan) ini telah memulai kebijakan pengurangan penggunaan plastik sejak 2 tahun yang lalu. Kota ini bahkan berhasil mengurangi 54 Juta lembar kantong plastik setelah melaksanakan kebijakanan ini selama 2 tahun.

Adapun peraturan yang melandasi pengurangan penggunaan plastik di Banjarmasin adalah “ Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik ”

Balikpapan

Kota selanjutnya yang juga menerapkan kebijakan pengurangan penggunaan plastik adalah Balikpapan. Tidak ketinggalan dengan Banjarmasin, kota yang terkenal dengan minyak bumi dan hasil tambangnya ini telah menetapkan kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik dan diprediksi akan berhasil memangkas 90 ribu angka sampah plastik setiap bulannya, jika dilakukan secara konsisten.

Adapun peraturan yang melandasi kebijakan pengurangan penggunaan plastik di Balikpapan sendiri adalah “ Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengurangan Kantong Plastik ”.

Bogor

Bogor juga adalah kota lain yang menerapkan kebijakan pengurangan penggunaan plastik. Bogor menetapkan kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan modern seperti mall, swallayan dan juga minimarket. Kebijakan ini  sendiri telah mulai diberlakukan terhitung 1 Desember 2018.

Untuk peraturan yang melandasi pengurangan penggunaan plastik di Bogor sendiri adalah “ Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik ”

Denpasar

Kota terakhir yang menerapkan kebijakan pengurangan penggunaan plastik adalah Denpasar. Kota yang merupakan ibu kota Provinsi Bali ini telah menerapkan kebijakan diet plastik terhitung 1 januari 2019 lalu. Pemerintah kota Bali telah melakukan sosialiasi tentang pelarangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan juga pusat perbelanjaan.

4 kota yang melarang penggunaan kantong plastik
4 kota yang melarang penggunaan kantong plastik

Itulah beberapa kota di Indonesia yang telah mulai menggalang gerakan diet plastik guna mengurangi produksi sampah plastik di Indonesia. Semoga ke depannya, kebijakan yang diambil oleh 4 kota yang disebutkan di atas dapat diikuti oleh kota lainnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti konsep pelajaran dan artikel menarik lainnya dari Yuk Kita Sekolah. (Fakta unik Indonesia Terbaru)

Belajar online gratis

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*