5 Fakta Penting Tentang Bidikmisi Yang Harus Kamu Ketahui !!

Beasiswa Bidikmisi 2019
5 Fakta Penting Tentang Bidikmisi Yang Harus Kamu Ketahui !!

Beasiswa Bidikmisi  2019 – Selain melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan juga Mandiri yang umumnya sudah banyak diketahui, terdapat satu jalur masuk ke perguruan tinggi lain yang dapat kamu coba. Jalur masuk ke perguruan tinggi yang dimaksud sebelumnya adalah jalur bidikmisi.

Namun jalur bidikmisi ini hanya ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara finansial. Calon mahasiswa yang mengikuti jalur bidikmisi ini akan dibebaskan dari biaya pendaftaran dan juga tes masuk. Nah, mengupas lebih banyak tentang jalur bidikmisi ini, kali ini Yuk Kita Sekolah akan berbagi beberapa fakta penting tentang bidikmisi. Yuk simak ulasan selengkapnya, keep scrolling and reading…

Pendaftaran Program Bidikmisi Dilakukan Secara Online

beasiswa bidikmisi 2019
Pendaftaran Program Bidikmisi Dilakukan Secara Online (Sumber : pexels.com)

Untuk memudahkan calon mahasiswa di seluruh Indonesia, maka pendaftaran bidikmisi dilakukan secara online. Dengan membuat pendaftaran menjadi online, diharapkan tidak akan ada kesulitan akses untuk calon mahasiwa yang berada di luar daerah atau kota besar untuk mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur bidikmisi ini.

Jalur Bidikmisi Hanya Diperuntukan Untuk Calon Mahasiwa yang Kurang Mampu

beasiswa bidikmisi 2019
Jalur Bidikmisi Hanya Diperuntukan Untuk Calon Mahasiwa yang Kurang Mampu (Sumber : pexels.com)

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya bahwa program bidikmisi ini hanya diperuntukan untuk calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Setelah periode pendaftaran, pihak perguruan tinggi bersangkutan akan melakukan wawancara dan verifikasi data (contohnya dengan mendatangi rumah calon mahasiswa yang mendaftar program bidikmisi).

Oleh karena itu, prestasi akademik dapat dikatakan bukanlah satu-satunya hal utama yang dinilai dalam penilaian jalur bidikmisi ini. Meskipun demikian, calon mahasiswa akan tetap harus memenuhi IP minimal yang telah disepakati/disyaratkan pada saat berkuliah nanti.

Penerima Bidikmisi Diharuskan Memiliki IP Konsisten, Aktif di Kampus dan Lulus Tepat Waktu

Beasiswa Bidikmisi 2019
Penerima Bidikmisi Diharuskan Memiliki IP Konsisten, Aktif di Kampus dan Lulus Tepat Waktu (Sumber: pexels.com)

Mahasiswa yang lolos dan menerima Bidikmisi akan diawasi ketika masa perkuliahan nanti, para penerima bidikmisi diharuskan untuk memiliki IP konsisten di setiap semesternya (memenuhi standar yang telah disyaratkan pihak perguruan tinggi). Mahasiswa penerima bidikmisi yang tidak memenuhi standar IP yang disyaratkan akan mendapatkan surat Peringatan (SP) dan bahkan mungkin akan dicabut beasiswanya.

Tidak hanya itu, mahasiswa penerima Bidikmisi juga diharuskan untuk aktif di kegiatan kampus seperti organisasi kampus dan juga lulus tepat waktu alias harus lulus dalam waktu 4 tahun. Jika mahasiswa penerima bidikmisi tidak dapat menyelesaikan program pendidikan dalam waktu 4 tahun, maka tentu mahasiswa bersangkutan harus bersiap untuk pencabutan beasiswa. (Beasiswa Bidikmisi 2019)

Penerima Bidikmisi Akan Menerima Uang Saku Per Semesternya

Beasiswa 2019
Penerima Bidikmisi Akan Menerima Uang Saku Per Semesternya (Sumber : pexels.com)

Meskipun cukup memilik banyak target, mahasiswa penerima bidikmisi juga mendapatkan keistimewaan, yakni berupa uang saku. Mahasiswa penerima Bidikmisi akan menerima uang saku setiap semesternya dari Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Uang saku tersebut diperuntukan untuk membayar biaya kuliah dan juga kebutuhan hidup sehari-hari dari mahasiswa penerima Bidikmisi.

Untuk jumlah dari uang saku sendiri berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi, jumlahnya akan disesuaikan dengan biaya hidup daerah/wilayah setempat atau dapat juga sesuai dengan aturan keuangan perguruan tinggi bersangkutan.

Tidak Diperbolehkan Mendaftar Sebagai Mahasiwa Baru di Tahun Berikutnya

Beasiswa 2019
Tidak Diperbolehkan Mendaftar Sebagai Mahasiwa Baru di Tahun Berikutnya (Sumber : pexels.com)

Fakta terakhir tentang jalur Bidikmisi adalah mahasiswa penerima Bidikmisi tidak diperbolehkan untuk mendaftar kembali sebagai mahasiswa di tahun selanjutnya, baik di perguruan tinggi yang sama ataupun di perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu, untuk kamu yang berminat untuk mengikuti jalur Bidikmisi ini, sebaiknya memastikan dan menentukan program studi yang sesuai dengan pilihan.

Baca Juga : Pengen Jago Bahasa Inggris?, Yuk Gabung di Kelas Bahasa Inggris Online

Meskipun memiliki cukup banyak syarat yang ketat dan juga berkas yang perlu disiapkan, namun jalur ini patut dicoba untuk kamu yang kiranya terbilang kurang mampu dalam hal finansial dan dapat menjadi jalan kamu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti konsep pelajaran serta artikel menarik lainnya dari Yuk Kita Sekolah. (Beasiswa Bidikmisi 2019)

beasiswa bidikmisi 2019

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*